Breaking News
Loading...
Thursday, 13 September 2012

Info Post
sangar,pemberani,ulet,dan pekerja keras.mungkin 100 kta itulah,,eh sory,,mungkin 4 kata itulah yang biasa dilontarkan untuk menggambarkan sekelumit tentang orang madura.penduduk dari sebuah pulau kecil yang memiliki kekayaan alam serta budaya yang melimpah utamanya garam gan,,bisa jadi ketika agan semua rujakan di rumah garam yang agan pakai itu merupakan garam asli madura,rasanya sama kok dengan garam pada umumnya,,manis manis gimana gitu.. :-)..just kidding gan..
selain kekayaan alam yang ane ulas tadi,ada juga kekayaan budaya yang mungkin agak negatif namun sebenernya tak seperti yang agan2 fikirkan sebelumnya,yaitu tradisi CAROK.carok merupakan kegiatan membela kebenaran dengan jalan carok(tengkar dengan memakai clurit ala madura),kebenaran yang dibela biasanya berkaitan dengan pembelaan terhadap penindasan dalam anggota rumah tangga,misalnya nih gan ,perselingkuhan.kalau agan2 tidak percaya coba aja menggoda istri-istri orang madura,dijamin leher agan akan berkalung clurit.ehehe
secara hukum mungkin itu saya sangat setuju bahwa hal itu melanggar aturan karena main hakin sendiri,namun prinsip yang di anut orang madura bahwa LEBIH BAIK MATI DARI PADA MENANGGUNG MALU seakan menjadi motivasi untuk selalu membela kebenaran dalam hal apapun.dan ane rasa semua itu hanya bisa dilakukan oelh orang yang benar memiliki jiwa pemberani,secara ini taruhannya nyawa gan,iya gak..namun seiring dengan bergulirnya waktu dan semakin berkembangnya facebook buadaya carok itu seakan hilang ditelan bumi,bagaimana tidak lah wong dulu kalau ada istri yang selingkuh sang suami langsung bertindak dengan carok,namun sekarang beda gan,sekarang kalau sang suami punya istri yang selingkuh maka carok merupakan pilihan kedua,pilihan pertama yaitu UPDATE STATUS FACEBOOK..haha..orang madura juga bisa galau gan..
oke kita lanjut,mungkin agan semua bertanya,seprti apa sih clurit ala madura itu????ada garam dan satenya mungkin ya di ujung cluritnya..hehe..gak begitu kok..sumpah itu fitnah..nahh lohh..sapa juga.. :-),,clurit ala madura itu bentuknya panjang melengkung dan tajam,,dulu setiap rumah biasanya punya yang namanya clurit ini sebagai senjata.dan lebih jelasnya seperti apa bentuknya mungkin agan bisa melihat bentuk dari tugu monumen kabupaten PAMEKASAN,kebetulan ane juga asal Pamekasan kok gan..tap bukan berarti saya penjual sate loh yaa???hehe..
mungkin itu sekilas tentaaang budaya carok yang bisa ane jelaskan gan..
silahkan moderator tawarkan mungkin ada pertanyaan atau komentar.. :-)

0 comments:

Post a Comment