Breaking News
Loading...
Sunday, 13 January 2013

Info Post
Dalam pembuatan sebuah aplikasi yang besar dan kompleks maka tidak cukup hanya dengan kode java sendiri, melainkan juga harus database sebagai tempat untuk menyimpan data data yang diperlukan. Dari itu banyak sekali pertanyaan pertanyaan seputar cara koneksi java ke database. sebelumnya anda sudah harus menguasai pemrograman dengan bahasa java. Bagi yang belum paham maka dapat mempelajarinya disini, selain itu anda juga sudah harus bisa cara membuat database dengan berbagai DBMS yang ada, dan bagi yang belum bisa silahkan pelajari disini.
Setelah database dibuat maka berarti langkah selanjutnya anda tinggal mengkoneksikannya ke program java yang kita buat. Sebelumnya tambahkan dulu driver ke program anda, caranya seperti berikut :
1. Buka projek anda dan klik kanan pada folder libraries pilih add library.
2.  Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti ini:
3. Pada kotak dialog tersebut pilih mysql JDBC driver dan klik add library. maka apabila berhasil di tambahkan akan muncul seperti ini pada folder library projek.
sampai disini separuh perjalanan telah kita tuntaskan. driver berhasil di add dan sekarang tinggal membuat koneksi ke database yang kita miliki. berikut caranya,
1. Pilih tab service pada window projek.
2. klik kanan pada bagian database dan pilih new connection. selanjutnya akan tampil kota dialog sebagai berikut :
3. pada bagian driver pilih  mysql (connector/J driver). kemudian klik next, setelah itu akan tampil seperti gambar berikut :
4. pada gambar di atas isi nama database sesuai dengan nama database yang anda buat,dalam hal ini saya beri nama databasenya dengan "cob". klik test connection untuk mengetes koneksi,jika koneksi berhasil maka akan keluar peringatan seperti ini,

maka sampai disini berarti databse sudah berhasil dikoneksikan dengan java. untuk koding java mengkoneksikan dengan database akan dibahas pada postingan sebelumnya. mohon jika ada pertanyaan silahkan pada bagian komentar. semoga bermanfaat. :)

5 comments:

  1. Bagus kok postingannya hnya saja lain kali postingannya dg kalimat lbh sederhana jd menarik mnat pembaca :)

    ReplyDelete
  2. gk ada kodenya ini ?
    terus klo di kompil koneksinya gy mana ?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. mengapa database tidak mau di klik kanan??
    apa yang harus dilakukan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. compiler netbeans kan? kalo iya mungkin itu kesalahan teknis saja. seharusnya bisa.

      Delete