Breaking News
Loading...
Sunday, 15 December 2013

Info Post
Disleksia adalah sebuah keadaan pada seseorang dimana sulit menangkap informasi kedalam otaknya. Kesulitan tersebut dikarenakan cara kerja otak penderita disleksia berbeda dengan orang normal. Pada penderita disleksia sangat dominan pada bagian otak kirinya, Hal ini bisa jadi sebuah kekurangan namun juga bisa jadi sebagai kelebihan. Umumnya penderita disleksia kesulitan dalam membaca dan menulis, membedakan huruf - huruf yang hampir sama sangat sulit bagi mereka, sering tertukar antar huruf yang satu dengan yang lainnya. "b" dan "d", "j" dan "t", serta "h" dan "4" adalah beberapa rangkaian simbol yang sulit dibedakan oleh mereka. Selain itu mereka juga bermasalah dalam kemampuan motoriknya, mereka sering bingung mengikuti intruksi yang cepat dan berurutan, misalnya "tulis angka 6,kalikan dengan 4, bagi dengan 2, kurangi dengan 8 dan tambahkan lagi dengan angka awal". Juga mereka tidak bisa mengukur benda yang bergerak. bola yang dilempar padanya tak akan bisa mereka tangkap lantaran jarak, kecepatan dan arah sulit mereka perkirakan. Mereka tetap bisa melakukannya namun memerlukan waktu lebih dari pada yang seharusnya.
Kabar baiknya adalah penderita disleksia ini di anugerahi kemampuan intelegensi yang diatas rata - rata atau bahkan sangat tinggi. Tak banyak memang penderita disleksia, hanya 5% dari keseluruhan jumlah orang di seluruh dunia. Namun dari mereka banyak yang ternyata mampu menutupi kekurangannya dengan hal lain yang luar biasa. Mereka memang terbatas dalam kemampuan menulis dan membaca, Namun mereka punya kelebihan dalam hal problem solving, geometri, imajinasi, rasa sosial yang tinggi, dan IQ yang tinggi. Mereka mampu berpikir di luar kotak. cara berpikirnya sering nyelenah dari orang normal, Namun hal itu karena mereka mempunyai daya imajinasi yang kuat. Daun jatuhpun bisa jadi hiburan bagi mereka. Sehingga dari itu banyak tokoh - tokoh terkenal yang lahir dan dari mereka kesemuanya adalah penderita disleksia. Berikut daftar tokoh penderita disleksia yang mampu mengalahkan keterbatasannya :
1. Ilmuwan : Albert einstein dan Thoman Alfa Edison
Siapa yang tidak tahu teori relativitasnya eintein dan bola lampunya Edison?dua penemuan penting yang ditemukan oleh penderita disleksia. Sekarang kita bisa menikmati penemuan mereka.
2. Musisi : John Lennon (vokalis the beatles)
Yang suka musik pasti tahu dengan vokalis yang satu ini, tapi yang suka musik beneran ya. Kalau penggemar boy and girl band gak bakalan tahu. Satu lagi, kabarnya Erros personilnya sheila on 7 juga penderita disleksia.
3. Politik    : John F Kennedy
Kalau yang satu ini adalah presiden amerika yang ke-35. Dia menjadi presiden amerika termuda pada masanya Sebelum Theodore Rosevelt terpilih menjadi presiden amerika.
4. Hiburan : Tom Cruise, Orlando bloom, dan abisekh bachan
kalau pernah nonton film "Mission imposible" pasti tahu aktor keren tom cruize. Terus film "the pirates of caribean" juga pasti tahu orlando bloom. Nahhh..kalau abisekh bachan nih bagi yang masa kecilnya bahagia, pasti suka nonton film india. dhum pacale dhum pacale dhum... [maaf kalau slaah lirik]
5. Atlit       : Muhammad Ali
Untuk atlit sementara hanya Muhammad Ali yang diketahui. sebagian besar pasti tahu siapa muhammad Ali. petinju fenomenal, Dan yang paling mengagumkan dari aksinya adalah pada saat melawan joe Fraizer tahun 1974 di Manila. Pada waktu itu tinggal 1 ronde terakhir lagi, sebelumnya Muhammad Ali tampil tangguh meski menahan gempuran pukulan dari joe pada tubuhnya. Saat itu Ali merasa tak bisa bergerak kembali, dan tahu apa yang dilakukannya??Ali ternyata berpikiran nakal pada TUHAN. Dia meminta pada TUHAN "Wahai Tuhan, tolong pinjamkan kepadaku sedikit saja tenaga yang Engkau jatahkan kepadaku untuk besok pagi, supaya aku bisa tampil di ronde terakhir ini dan besok aku tidur sepanjang hari….". Dan pada akhirnya Muahammad Ali menang TKO dari joe fraizer.
6. Seniman: Leonado Da Vinci
lukisan Monalisa dan kuda sforza adalah lukisan fenomenal yang lahir dari tangannya. Pemikiran - pemikirannya sangat fenomenal, dia mampu membuat  sketsa pesawat dan tank pada masanya. Dan faktanya dia juga penderita disleksia.
Itu adalah beberapa dari sekian banyak penderita lainnya yang pasti juga tak kalah hebatnya dari mereka yang disebutkan di atas. Karena bagaimana pun kita adalah juara, Setidaknya juara bagi diri kita sendiri karena telah mampu memijakkan kaki di setiap langkah kehidupan kita. Sesederhana itu memang juara dalam hidup ini. Tergantung bagaimana kita memaknainya. Pelajaran yang bisa ambil adalah bahwa debu yang menempel di puncak daun cemara itu sekalipun adalah unik dan mempunyai potensi untuk berguna bagi kehidupan. Karena TUHAN itu maha TAHU dan BERILMU. Sehingga tidak masuk akal bila DIA mencipta sesuatu yang ternyata tidak berguna.
Salam...

0 comments:

Post a Comment