Breaking News
Loading...
Friday, 21 November 2014

Info Post
Dalam pembuatan sebuah program fungsi dan prosedur digunakan dengan tujuan menghindari penulisan script secara berulang-ulang. Misalnya pada baris ke-100 dari program kita hendak mencetak hasil penjumlahan dari dua nilai, begitu juga pada baris ke-300 kita butuh untuk melakukan hal yang sama. Kalau tidak menggunakan prosedur ataupun fungsi maka kode untuk menjumlahkan dua nilai harus dituliskan pada baris ke-100 dan ke-300. Namun tidak kalau kita menggunakan fungsi, kita hanya tinggal membuat sekali fungsi penjumlahan dan saat dibutuhkan fungsi tersebut bisa dipanggil dengan menuliskan nama fungsinya.
Fungsi dan prosedur sebenarnya mempunyai tujuan yang sama seperti yang dijabarkan di atas. namun berbeda dari kapan menggunakan fungsi dan kapan prosedur dibutuhkan. Perbedaan paling mendasar dari keduanya adalah fungsi adalah method yang mengembalikan nilai tertentu, sedangkan prosedur tidak dapat mengembalikan nilai. Untuk kasus penjumlahan di atas berikut saya berikan contoh program sederhana untuk mempermudah pemahaman. silahkan perhatikan ;
Dari contoh program di atas bisa kita lihat bagaimana prosedur dan fungsi dibuat dalam java. Dalam prosedur ada kata kunci void dan int untuk fungsi. void menandakan bahwa itu method prosedur, ia tidak akan mengembalikan nilai balik apapun. maka dari itu untuk keperluan penjumlahan ia melakukan penulisan hasil penjumlahan dalam badan prosedur itu sendiri. Berbeda dengan fungsi seperti yang terlihat di atas, kata kunci int adalah tipe data yang menyiratkan bahwa ada nilai balik berupa data integer. dan karena fungsi hanya mengembalikan nilai balik maka untuk keperluan penjumlahan ia perlu di cetak lagi hasil dari fungsinya. lihat bagaimana fungsi dipanggil dengan menambahkan kode system.out.print(namaFungsi). Sedangkan untuk prosedur hanya tinggal memanggil nama prosedurnya karena dalam badan prosedur sendiri sudah melakukan pencetakan hasil penjumlahan. Silahkan modifikasi program di atas menjadi program yang lebih kompleks, misalkan membuat kalkulator sederhana. bagi yang ingin mendapatkan program kalkulator sederhana bisa sebutkan email pada kolom komentar. Sampai disini dulu, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. ikhsanardi23@gmail.com

    Saya minta program kalkulator sederhananya mas, tolong dikirim

    ReplyDelete