Breaking News
Loading...
Wednesday, 19 November 2014

Info Post
Citra digital adalah hasil capture dari dunia nyata. Kualitas dari citra digital tergantung dari bagaimana pengambilan citra tersebut. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kualitas citra misalnya kualitas kamera. Sering kali pengambilan sebuah citra dengan cara tertentu membuat citra tersebut kotor pada permukaannya. Kotor dalam pengolahan citra digital itu dikenal dengan noise. Untuk keperluan tertentu maka citra tersebut perlu dibersihkan, Dan salah satu cara untuk membersihkan citra adalah dengan proses Konvolusi.
Konvolusi adalah proses penempelan matrik masking dengan ukuran tertentu pada permukaan citra. Penempelan tersebut dilakukan pada setiap piksel yang bersesuaian dengan matrik masking dimulai dari posisi matrik(1,1) sampai matrik(m,n). Sebagai tambahan saya berikan ilustrasi gambar proses konvolusi tersebut, perhatikan gambar dibawah ini.
Misalnya diberikan sebuah matrik dan maskingnya seperti yang terlihat di gambar berikut;
matrik konvolusi
matrik dengan ukuran 5x5 itu ditempel dengan matrik mask seukuran 3x3 mulai dari titik (1,1). Kemudian masing-masing piksel atau elemen matrik yang bersusuaian dari kedua matrik dilakukan perkalian titik (dot product). maka akan diperoleh nilai baru seukuran 3x3 (karena matrik mask sebesar 3x3). Jumlahkan semua nilai dari matrik baru yang diperoleh dan hasilnya diletakkan pada titik tengah dari matrik asal. Perhatikan pada gambar dibawah bagaimana variabel temp menggantikan nilai titik tengah dari matrik asal. Setelah selesai maka matrik mask digeser ke titik (1,2), kemudian (1,3) dan seterusnya sampai terakhir.

proses konvolusi
Akhir dari pergeseran matrik mask berhenti pada titik (4,4), perhatikan gambar berikut;
Hasil akhir dari proses konvolusi itu adalah sebagai berikut;
Dari gambar di atas kita bisa lihat perubahan yang terjadi pada matrik asal setelah dilakukan konvolusi. kalau ada pertanyaan mengapa nilai matrik samping (terluar) tidak mengalami perubahan, maka jawabannya adalah karena kita mulai melakukan penempelan pada titik (1,1) dari matrik berukuran 3x3. Maka dari itu hasil penjumlahan dari perkalian titik otomatis akan diletakkan pada titi tengah yaitu titik (2,2). Ada cara alternatif kalau memang ingin memproses nilai terluar dari matrik, yaitu dengan menambahkan matrik bernilai nol pada sisi terluar matrik. Contohnya pada gambar berikut ;
Dengan begitu maka proses penempelan dimulai pada titik pojok kiri atas dan otomatis nilai tengah akan tepat terletak pada titik (1,1) matrik asal atau (2,2) pada matrik yang telah ditambah nol. Untuk contoh program konvolusi dalam matlab berikut saya berikan programnya, silahkan dipahami;
Bagaimana program untuk yang ditambahi nilai nol? berikut programnya ;
Silahkan copy paste program di atas dan coba dijalankan. lihat perbedaannya dari hasil kedua program di atas. Bagi yang kesulitan memahmi programnya alangkah baiknya untuk membaca postingan Dasar Pemrograman Matlab terlebih dahulu. semoga membantu teman-teman sekalian, dan jangan segan-segan untuk follow blog ini untuk mendapatkan postingan program setiap hari. :)
Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment