Breaking News
Loading...
Monday, 17 November 2014

Info Post

Setelah pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang Dasar Pengolahan Citra Digital Dengan Matlab. Maka sebagai lanjutan kali ini saya akan membahas mengenai operasi aritmatika dalam pengolahan citra. Operasi aritmatika dalam citra terdiri dari operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan operasi boolean citra. Operasi aritmatika tersebut bisa dilakukan dengan nilai skalar atau dengan dua buah citra berbeda. Hasil dari beberapa operasi di atas akan berbeda-beda, misalnya dengan dilakukan operasi penjumlahan citra maka citra hasil penjumlahan akan lebih cerah dari citra asal. Hal itu dikarenakan citra terdiri dari nilai piksel image(x,y) pada posisi (x,y). Semakin tinggi nilai piksel maka intensitas semakin cerah, begitu juga sebaliknya. Sebagai contoh silahkan tulis kode berikut pada editor matlab:
kemudian kita lihat hasilnya menunjukkan bahwa hasil penjumlahan adalah matrik asal ditambah 1 pada tiap-tiap piksel, sehingga akan terlihat seperti berikut :
Penjumlahan matrik
Kalau perlakuan seperti perintah di atas dilakukan terhadap citra digital maka yang terjadi adalah citra menjadi semakin cerah karena nilai piksel bertambah. Sekarang kita coba lakukan pada sebuah citra.

1. Penjumlahan


Dari perintah tersebut maka yang terjadi adalah seperti yang ditunjukkan gambar berikut :
Penjumlahan citra

2. Pengurangan 


Dari perintah tersebut maka yang terjadi adalah seperti yang ditunjukkan gambar berikut :
Pengurangan citra

3. Perkalian

Dari perintah tersebut maka yang terjadi adalah seperti yang ditunjukkan gambar berikut :
Perkalian citra

4. Pembagian


Dari perintah tersebut maka yang terjadi adalah seperti yang ditunjukkan gambar berikut :
Pembagian citra


Bagi yang masih merasa bingung dengan kode di atas, dibawah ini saya berikan kode lengkap dari ke empat operasi di atas
Selain kode di atas, dibawah saya juga berikan kode matlab dengan low level programming dengan kata lain kode dibuat dengan fungsi sendiri tanpa menggunakan fungsi built in dari matlab. Kita hanya tinggal menggunakan perulangan pada setiap piksel dan menambahkan nilai pada setiap piksel dengan nilai penjumlah yang di inginkan.
 Seperti itulah operasi aritmatika dalam pengolahan citra digital menggunakan Matlab. Untuk Operasi geometri pada pengolahan citra silahkan tunggu pada postingan selanjutnya. sebenarnya konsepnya sama, hanya pada operasi geometri yang dilakukan adalah fokus pada perubahan bentuk citra, berbeda dengan operasi aritmatika yang berfokus pada perubahan intensitas citra. 


4 comments:

  1. Hello,

    Munkin code di atas ada itil karena itu tidak operasi di sini. Apa ada code itu? Munkin code itu rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello gan,
      pake editor matlab kan? di saya bisa kok gan udah aku test lagi..mungkin kalau error bisa disebutkan warning errornya apa.

      Delete
  2. itu pengurang dan penjumlahan kontasnya gan,
    kalu pengurangan citra kayak gimana? bukan pengurang kontras

    ReplyDelete