Breaking News
Loading...
Sunday, 23 November 2014

Info Post
Untuk keperluan pendalaman dalam memahami konsep perulangan maka yang bisa dilakukan para pengajar adalah memberi latihan membuat program segitiga bintang, baik itu segitiga siku-siku ataupun segitiga sama kaki. segitiga tersebut dibentuk dari string bintang yang tersusun sedemikian hingga membentuk bidang segitiga. Tidak terlalu sulit untuk megerjakan hal ini apabila cara kerja dan konsep dasar perulangan sudah sedikit dipahami, bagi yang masih belum paham tentang perulangan silahkan baca artikel sebelumnya Program Perulangan Dalam Java.  Baik mungkin akan lebih bagus kalau langsung saya berikan programnya berikut ini ;
keluaran dari program di atas adalah membentuk segitiga siku-siku seperti yang terlihat dibawah ini;
segitiga bintang

Dari gambar terlihat bahwa segitiga siku-siku dengan garis tegak ada di sebelah kiri, sedangkan kalau kita mau membuat segitiga siku yang garis tegaknya ada disebelah kanan maka yang perlu dilakukan adalah membuat segitiga tambahan sebagai pengisi di baris yang kosong. Coba perhatikan program berikut ;
keluaran dari program di atas adalah seperti gambar berikut ini ;
segitiga bintang
Sudah tahu kan kira-kira bagaimana kalau mau membuat segitiga bintang berbentuk segitiga sama kaki? iya kita bisa modifikasi dari program di atas, langsung saja perhatikan program berikutnya ;
 keluaran dari program di atas adalah seperti gambar berikut ini ;
segitiga bintang
 gimana? gampang kan..silahkan dipahami dari ketiga koding di atas. semoga mudah dipahami. sebagai latihan coba tema-teman buat segitiga bintang berbentuk layang-layang. Selamat belajar.

53 comments:

  1. yang int x di segitiga siku-sikunya itu buat apa ?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. gan int x=5 itu buat apa yak? :-? mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. x kelihatannya nggak dipakai gan, coba aja di hapus int x=5

      Delete
    2. gak dipake gan. itu dipakai kalau misal mau menambah jumlah segitiganya.

      Delete
  4. Terima kasih gan tutorialnya

    ReplyDelete
  5. Gan kalo yang
    +
    ++
    +++
    ++
    +

    Gimana nih gan.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. int i,j,k,l;
      for(i=1; i<=3; i++)
      {
      for(j=1; j<=i; j++){
      System.out.print("*");
      }
      System.out.println();
      if (i == 3)
      {
      for(k=1; k<=2; k++)
      {
      for(l=2; l>=k; l--){
      System.out.print("*");
      }
      System.out.println();
      }
      }

      Delete
  6. gan ... kalau kebalikan dari Koding diatas .. ganti angka yang mana??

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. kalo mau buan bentuk angka gimana gan?

    ReplyDelete
  9. trima kasih gan sangat membantu

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mikir mas ra takon wae :v

      Delete
    2. Email saja ya gan, saya buatkan khusus. :)

      Delete
  11. mas kalo segitiga terbalik gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebalikannya dari contoh yang terakhir mas. tinggal modif dikit. :)

      Delete
    2. int i,j,k,l;
      for(i=1; i<=3; i++){
      for(j=1; j<=i-1; j++){
      System.out.print(" ");
      }
      for(k=3; k>=i; k--){
      System.out.print("*");
      }
      for(l=3; l>i; l--){
      System.out.print("*");
      }
      System.out.println();
      }

      Delete
  12. makasih code nya

    ReplyDelete
  13. gan dari contoh gmbar yang ke-2
    kalau jumlah segitinya sampe 7 bagaimana codingan nya :>)

    ReplyDelete
  14. kalo yg output ny
    0
    1 2
    2 3 4
    3 4 5 6

    ReplyDelete
  15. kalo yg output ny
    0
    1 2
    2 3 4
    3 4 5 6

    ReplyDelete
  16. mas kalo buat yg gni bagaimana ? mohon bantuannya
    1 0 0 0
    1 1 0 0
    1 1 1 0
    1 1 1 1

    ReplyDelete
  17. Kalau flowchart nya gimana tu yang
    *
    **
    ***
    ****
    *****
    Flowchart???????

    ReplyDelete
  18. gan kalo bikin huruf gitu bisa ga?

    ReplyDelete
  19. kalo yang ini gimana gan?
    1---------*#####
    23-------***####
    345-----*****###
    4567---*******##
    56789-*********#

    ReplyDelete
  20. ty bang tutornya (h)

    ReplyDelete
  21. kalo yg ini gimana ?? ;-(
    ******
    *****
    ***
    **
    *

    ReplyDelete
    Replies
    1. import java.util.Scanner;

      public class segitigaterbalik {

      public static void main(String[] args) {
      // TODO Auto-generated method stub
      Scanner db = new Scanner(System.in);
      System.out.print("Masukan Batas:");
      int batas = db.nextInt();
      for (int i = batas; i >= 1; i--) {
      for (int b = i; b >= 1; b--) {
      System.out.print("*");
      }
      System.out.println();
      }

      }

      }

      Delete
  22. Kalau untuk outputnya

    76
    765
    7654
    76543
    765432
    7654321

    ReplyDelete
  23. Gan bisa bantu untuk logikanya, logika yg utk for(int l=1;l<=i-l;l++) itu untk apa?

    ReplyDelete
  24. kalau untuk outputnya sperti ini bagaimana ya ?

    *
    * *
    * * *
    * * * *
    * * *
    * *
    *

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete


  26. *
    **
    ***
    ****
    *****
    ****
    ***
    **
    *
    Kalo Output kaya gini gimana ya?

    ReplyDelete
  27. *****
    ****
    ***
    **
    *
    Klo yang ini gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. import java.util.Scanner;

      public class segitigaterbalik {

      public static void main(String[] args) {
      // TODO Auto-generated method stub
      Scanner db = new Scanner(System.in);
      System.out.print("Masukan Batas:");
      int batas = db.nextInt();
      for (int i = batas; i >= 1; i--) {
      for (int b = i; b >= 1; b--) {
      System.out.print("*");
      }
      System.out.println();
      }

      }

      }

      Delete
  28. kalau bikin bendera inggris gmn ya gan?

    ReplyDelete
  29. kalau kyk gini gan?
    -
    +-
    -+-
    +-+-
    -+-+-
    +-+-+-+
    bantu dong gan..

    ReplyDelete
  30. klo kyk gini gimana bang
    * *
    ** **
    *** ***
    **** ****
    **********
    **** ****
    *** ***
    ** **
    * *

    ReplyDelete