Breaking News
Loading...
Thursday, 11 December 2014

Info Post
GLCM atau yang terkadang disebut dengan  Gray-Level Co-Occurrence Matrix adalah sebuah metode yang digunakan untuk ekstraksi fitur, Baik itu fitur citra ataupun data lainnya. ekstraksi fitur dilakukan untuk mengambil informasi pokok dari suatu data tertentu sebelum digunakan dalam proses tertentu. seperti misalnya dalam pengenalan wajah maka wajah terlebih dahulu di ekstraksi sebelum dilakukan proses pengenalan. Dan dalam hal ini akan dibahas tentang salah satu metode ekstraksi fitur yaitu GLCM. 
Metode ini akan menghasilkan beberapa fitur, yaitu energi, kontras, entropi, dan lain sebagainya. Dan untuk mecari fitur-fitur tersebut ada rumusnya masing-masing, akan tetapi sebelum mencari fiturnya diperlukan untuk membuat matrik GLCM terlebih dulu. proses pembuatan matrik GLCM adalah seperti yang ditunjukkan gambar berikut ;
Dalam gambar di atas di inisialisasikan sudutnya adalah 0 derajat dan jaraknya adalah 1. Algoritmanya adalah :
1. Membuat matrik baru dengan elemen nol dengan dimensi sebesar nilai maksimal pada matrik asal. pada gambar di atas nilai maksimalnya adalah 8.
2. lakukan proses perulangan dari indeks (1,1) pada matrik nol sampai indeks ke (8,8)
3. setiap proses perulangan dilakukan pengecekan, ambil contoh; indeks (1,1). di cek nilai [1 1] pada matrik asal muncul berapa kali, yaitu 1 kali. maka indeks ke (1,1) di isi dengan nilai 1. kemudian dilanjutkan dengan indeks (1,2). lakukan proses pengecekan [1 2] muncul berapa kali dalam matrik asal, didapat 2 kali muncul. maka indeks ke (1,2) pada matrik nol di isi dengan 2.
Untuk programnya silahkan lihat dibawah ini, copy paste pada editor matlab dan kemudian jalankan. 
Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan subribe setiap artikel terbaru pada blog ini. Terima kasih.

4 comments:

  1. Replies
    1. slmat malem mas
      sya msih bngung dengan penentuan sudutx.
      yg sya tau sudutx dibagi menjad4 yaitu(0,45,90 dan 135).
      mohon pncerahanx mas

      Delete
  2. slmat malem mas
    sya msih bngung dengan penentuan sudutx.
    yg sya tau sudutx dibagi menjad4 yaitu(0,45,90 dan 135).
    mohon pncerahanx mas

    ReplyDelete
  3. siang mas kalau glcmnya di implementasi pada dev c++ seperti apa ya mas

    ReplyDelete