Breaking News
Loading...
Monday, 2 March 2015

Info Post
Judul postingan dalam sebuah blog juga memiliki peran penting dalam hal SEO. Hampir sebagian besar pengunjung yang datang ke blog kita melalui search engine dipengaruhi oleh baik tidaknya judul postingan blog kita. Bisa dikatakan bahwa judul ini menempati urutan kedua setelah isi/konten dalam menentukan baik tidaknya sebuah postingan di mata search engine. Ini memang sangat simpel, tetapi pengaruh yang dibawanya sangat menentukan.
Maka oleh karena itu, optimasi judul harus kita perhatikan. Cara sederhana tentang bagaimana membuat judul post yang baik adalah menganggap search engine seolah-olah makhluk hidup layaknya manusia. ia akan memiliki rasa suka pada hal-hal yang ia anggap baik, yaitu dalam hal ini judul postingan blog kita. Dibawah ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar judul postingan kita baik dimata search engine.
1. Menggunakan Google Keyword Tool
Dengan menggunakan tool ini, kita bisa mengetahui "kata" yang sering digunakan dalam pencarian. Misal kita mau membuat judul yang berkaitan dengan amerika. Ada banyak kata yang mewakili amerika, selain america, ada juga US, United State. Dengan Google keyword tool ini kita bisa mengetahui kata mana yang paling banyak digunakan secara global, sehingga kita bisa menggunakannya sebagai keyword dalam judul postingan kita.
judul postingan

Kalau diperhatikan dari gambar diatas, kata "US" berada pada posisi tertinggi yaitu sebanyak 83.100.000. Diikuti kata "america" dan "United state" berturut-turut sebanyak 45.500.00 dan 7.480.000. Dari ketiga data tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa sebaiknya menggunakan kata "US" dalam judul postingan kita.
2. Panjang judul tidak lebih dari 66 karakter
Dalam search engine tertentu, ada batas panjang karakter maksimal yang akan ditampilkan dari hasil pencarian. Untuk Google maksimal 66 karakter, dan yahoo lebih panjang yaitu 120 karakter. Judul yang melebihi dari batas maksimal tersebut akan secara otomatis dipotong.

Perhatikan gambar diatas, judul yang terlalu panjang akan dipenggal otomatis. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi para pencari informasi kurang tertarik untuk mengklik postingan kita.
3. Buatlah judul se-atraktif mungkin
Apa alasan search engine merangking postingan kita pada posisi tertinggi? tentu saja karena robot search engine melihat postingan kita baik dalam segala hal. Prinsip dasar pada kasus ini adalah Robot menyukai kata kunci dan judul ringkas padat, dan pembaca menyukai kata-kata yang dinilainya menarik.
Sebagai contoh, judul pertama "belajar tips terbaik untuk membuat judul postingan yang bagus", judul kedua "cara membuat judul postingan yang baik". Kita tahu judul yang kedualah yang efektif, baik dari mata robot ataupun pembaca.
Sekian dulu postingannya, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment