Breaking News
Loading...
Tuesday, 3 March 2015

Info Post
Database merupakan sebuah tempat penyimpanan data dalam aplikasi baik dekstop maupun web. Ia berfungsi menampung segala aktifitas dalam web yang membutuhkan penyimpanan. Contoh sederhananya adalah saat kita mengupdate status di facebook, maka kalimat status kita tersebut akan tersimpan pada datase dalam server facebook.
Bagi yang masih baru belajar membuat aplikasi web, biasanya agak kesulitan membuat database. Cara paling mudah sebenarnya bisa kita pakai aplikasi xampp. Disana kita tidak usah membuat query untuk create database, hanya tinggal klik dan database pun jadi. berikut langkah-langkahnya.
1. Pastikan kalian sudah menginstall Xampp, Bagi yang belum install bisa lihat disini caranya.
2. Kalau install sudah terinstall, maka kemudian kalian buka web browser kesayangan. pada bagian adress bar ketikkan "localhost". Dan Klik menu phpmyadmin pada menu samping kiri.

3. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Pada menu atas silahkan klik menu "database".

4. Kalian akan diarahkan pada form pembuatan database baru, langsung saja isikan nama database yang kalian inginkan.

Jika berhasil, pada bagian menu samping kiri akan muncul database baru dengan nama "databaseku". Klik database buatan kalian (dalam kasus ini "databaseku").
5. Selanjutnya kalian akan disuruh mengisi nama tabel dan jumlah kolom pada database kalian. silahkan isi dengan keinginan kalian masing-masing. Kalau sudah langsung saja klik "go".
6. Langkah selanjutnya kalian menginputkan isi dari tabel yang telah dibuat barusan. lihat gambar untuk lebih jelasnya. Kalau sudah langsung klik "save".
7. Maka pada database "databaseku" akan muncul tabel baru dengan nama tabel yang kalian buat tadi.
Sampai disini database sudah berhasil dibuat. Kalau mau nambah tabel baru bisa langsung diulang seperti cara diatas. Langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan database dengan PHP. Silahkan lihat pada postingan lainnya.

0 comments:

Post a Comment