Breaking News
Loading...
Saturday, 7 March 2015

Info Post
Kalau pada postingan sebelumnya sudah saya tuliskan mengenai Cara membuat database dengan Cepat dan mudah, Sekarang tanpa menghubungkan database itu dengan aplikasi web kita bisa dibilang percuma saja. Mengkoneksikan database dengan aplikasi web kita akan menjadikannya menjadi lebih interaktif dan fungsional.  
Ada script khusus untuk mengkoneksikan keduanya, sederhananya seperti berikut :

<?php
 $host="localhost";
 $user="user"; // default = root
 $password="password"; // default = ""
 $db = "dbname";
 $koneksi=new mysqli($host,$user,$password,$db) or
 die("Gagal koneksi..!");
?>
 
Saya anggap teman-teman sudah membuat database sendiri. Bagi yang masih belum paham tentang cara membuatnya, buka lagi postingan yang saya sebutkan diatas.
Dari script diatas, beberapa hal yang perlu dijelaskan antara lain :
  • namauser dan password : isi dengan nama user dan password MySql kalian saat instalasi. Biasanya secara default, user dan password tidak dimasukkan. sehingga kalau saat instalasi kalian tidak memasukkan user dan password, Maka di bagian namauser dan password dikosongi. sehingga menjadi seperti ini saja, mysql_connect("localhost","","");
  • namadatabase : Isikan dengan nama database yang kalian buat.
Simpan script diatas dengan nama sembarang dengan ekstensi .php pada direktori dimana kalian menginstall xampp seperti gambar berikut :
Koneksi Database
Direktori File Koneksi


     
Setelah itu kalian test apakah koneksi berhasil atau tidak, caranya dengan memanggil file koneksi tersebut di web browser dengan contoh sebagai berikut (dalam kasus gambar diatas), C:\xampp\htdocs\webDasar\koneksi.php.

0 comments:

Post a Comment