Breaking News
Loading...
Saturday, 7 March 2015

Info Post
Dalam pengolahan database, selain menggunakan cara sederhana yaitu memanfaatkan user interface yang disediakan PhpMyadmin, perlu diketahui juga bahwa untuk melakukan hal itu, kita bisa menggunakan query dari SQL. SQL sendiri adalah bahasa standart yang dipakai untuk menghubungkan database dan aplikasi web. 
Ada empat macam dalam bahasa standart ini, yakni DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), DQL) (Data Query Language) dan DCL (Data Control Language). Namun kali ini saya akan lebih fokus pada bagian DDL terlebih dahulu. 
DDL atau data definition language ini  merupakan perintah SQL yang digunakan untuk mendefinisikan objek-objek maupun attribut dasar dari sebuah database. Misalnya, membuat database, membuat tabel, menghapus serta mengubah objek tertentu. Lebih jelasnya simak contoh-contoh penggunaan dari perintah SQL DDL berikut :
1. Membuat database
create database [namadatabase];
2. Membuat Tabel
CREATE TABLE NAMA_TABLE (
NAMA_ATRIBUT TIPE_DATA [KETERANGAN],
NAMA_ATRIBUT TIPE_DATA [KETERANGAN],


); 

3.  Mengubah Tabel
ALTER TABLE nama_tabel alter_options;
alter_option merupakan pilihan modifikasi tabel.

Sengaja tidak akan saya bahas tuntas disini, karena ada banyak tipe alter_option yang bisa digunakan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dipostingan Contoh Perintah ALTER Dalam SQL.
4. Menghapus Tabel dan Database
Drop table
DROP TABLE NAMA_TABLE;
Drop database
DROP DATABASE NAMA_DATABASE;

Demikian perintah-perintah dasar dalam DDL SQL, ditunggu postingan selanjutnya tentang DML (Data Manipulation Language). Jangan lupa komentar bila ada yang mau ditanyakan.

0 comments:

Post a Comment